Jumat, 15 Juni 2012

Lili Sumarni C8


Nama   : Lili Sumarni
Kelas   : C8
NIM   : 100388201229
Tugas  : Sosiolinguistik

Masyarakat yang multi bahasamunculkarenamasyarakattuturtersebutmempunyaiataumenguasailebihdarisatuvariasibahasa yang berbeda-bedasehinggamerekadapatmenggunakanpilihanbahasatersebutdalamkegiatanberkomunikasi.
     Dalamkajiansosiolinguistik,pilihan-pilihanbahasatersebut yang manakemudian di bahaskarenahalinimerupakanaspekterpenting yang di kajidalamsuatuilmukebahasaan.
Untuklebihlanjutsumarsono (2004:201) mengatakanadatigajenispilihanbahasa yang di kenaldalamkajiansosiolinguistikyaitu:
·         Alihkode ( code switching)
·         Campurkode ( mixing kode)
·         Variasidalambahasa yang sama (variation within the same language)
Dalamkeadaankedwibahasaan (bilingualisme) seringterdapat orang menggantibahasaatauragambahasa,halinitergantungpadakeadaanataukeperluanberbahasaitu.
Kita ambilsebuahcontoh: umpanyasewaktukitaberbahasa A dengansiWatikemudiandatangsiRatu yang tidakmengertidenganbahasaA.OlehkarenakitainginmenerimaRatudalamsituasiberbahasaitu,makakitaberalihmemakaibahasa B yang di mengertiolehRatu.KejadiansepertiitukitasebutdenganAlihkode.KonsepAlihkodejugamencakupkejadian di manakitaberalihdarisaturagamfungsiolek (umpamanyaragamsantai) keragam lain(umpamanyaragam formal), ataudarisatudealikkedealik yang lain.
Suatukeadaanberbahasaialah: bilamana orang mencampurdua (ataulebih) bahasaatauragambahasadalamsuatutindakbahasatanpaadasesuatudalamsituasiberbahasaitu yang menuntutpencampuranbahasaitu.Tindakbahasa yang demikiankitasebutcampurkode.Di Indonesia campurkodesering kali kitatemukandalamkeadaan orang berbincang-bincang,yang di campurialahbahasa Indonesia danbahasadaerah.ciri yang menojoldalamcampurkodeialahkesantaianatausituasi informal.
Negara Indonesia ,terkenaldenganberbagaimacamragamjenissuku,budayanya pun bermacamragam.sehinggatidakanehjikakitatemui orang yang saatberbicaraterkadangmemakaibahasadaerahmerekaitusendiri.misalnyasukumelayusaatberbicaramenggunakandenganbahasamelayunya .sukujawasaatberbicarajugamenggunkanbahasajawamereka.begitujugahalnyadengansukulainnya,yangmanatiap-tiap orang menggunakanbahasadaerahmerekamasing-masing.danhalinilah yang membuatterkadangkitasebagaisukulain,tidakmengertidenganbahasa yang merekasampaikan.
Alihkodemerupakanperalihandarisatukodekekode yang lain yang mungkinterjadikarenaadanyadua orang ataulebihdenganbahasa yang hanyamereka yang mengerti  /bahasadaerahnya . Kemudian dating pihak lain yang tidakmengertibahasa yang merekagunakanmakaberalihkebahasa yang dimengertibersama .
Sedangkancampurkodesendirimenggunakanbahasalebihdarisatuuntukmenaikkan status sosial ,misalnyamemadukanbahasa Indonesia denganbahasainggris.
Berikutontoh-contohdari study kasus:
·         Alihkode
·         Campurkode

Ø  KasusAlihKode
Padaumumnyabanyakkitatemuidalamkehidupanbermasyarakatbanyakmerekamenggunakanalihkode.kitaambilcontoh: misalnya di sebuahwarungsukujawa yang menjualbarang-barangkelontongsetiappagimerekaberkumpuluntukberbelanja,padasaatitu orang sukujawatersebutberbelanja di warungtersebut,makaterjadilahkomunikasidenganbahasasukumereka,saatmerekaasyikberbincang-bincangdenganbahasajawa.tiba-tiba orang suku lain yaitusukumelayudatanguntukberbelanja,Karenapenasarandenganapa yang di bicarakanoleh orang sukujawatersebut, akhirnya orang sukumelayuinginbergabungikutmendengarkanapa yang sedang di bicarakan ,olehsebabtidakmengertidenganbahasasukujawa, Sukujawa pun berbicaradenganmenggunakanbahasaIndonesia,agarsipenuturdanlawanbicaramenjadimengerti,
Ø  Kasuscampurkode
Kendaladanmasalah yang seringditemukankhususnyadalamcampurkodeyaitutidaksemuapenuturdan yang mendengarkanpembicaraantersebutmengertidenganperpaduanbahasa yang digunakantersebut .Misalnya ,bahasainggrisdanbahasa Indonesia . Karenatidaksemuapenutur / pendengarmenguasaibahasa ,sertamenyerap kata – kata tersebutseperti kata-kata asing yang mungkinsulitdimengertikarenapengetahuantentangberbagaimacambahasakurang , intelektulisannyajugakurangsehinggaperalihankodetersebutbersifamengganggu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar