Jumat, 15 Juni 2012

Jakaria C8


Nama       : Jakaria
Kelas       : C8
NIM        : 100388201060
Tugas       : Sosiolinguistik
Manusiadiciptakanberkelompok-kelompok.Dalamkelompokitumerekamelakukanberbagaikegiatanuntukmengisikehidupandansekaligusmempertahankankehidupanmereka.adapunsalahsatukegiatan yang merekaadalahberkomunikasi,dansalahsatualatkomunikasimerekaadalahbahasa.Bahasadapatmempersatukanmasyarakat.Daribahasaitulah orang-orang bisamenjalinsuatuhubungan.Tanpaadanyabahasasangatsulitlahbagi orang-orang untukberkomunikasi.adapunbahasa yang di gunakanoleh orang-orang bermacamragamjenisnya.halini di karenakanadanyaberbagaimacamjenissuku.
            PengertianAlihKodemenurutparaahli:
·         Gumperz 1982:59) adalah: peralihansatuujarankeujaran lain di dalamdua system atausubsistemgramatika yang berbeda .
·         Menurut Hudson (1980:56) mengatakanbahwaalihkodeadalahseorangpenuturmenggunakanvariasibahasa yang berbedapadawaktu yang berbeda.
·         Ward haugh (1986) mengatakanbahwaalihkodedapatterjadiapabilapenuturberalihkodedarisatuvariankevarian lain ataudarisatubahasakebahasa lain.
Alihkodetidakbersifatmanasukatetapibersistemataumemilikiaturan.alihkode di kata gorikansebagaiperistiwabahasa yang positif.

AlihkodedanCampurkodeseringterjadidilingkunganmasyarakat .Contohnyamasyarakat Indonesia salahsatu Negara bilingualisme ,yaitu Negara yang menggunakanbahasalebihdarisatubahasa yang seringdigunakandalampercakapansehari – hari .
Alihkodedancampurkodedalampenerapanpenggunaanbahasadilingkungansekitarseringkitatemui ,salahcontohdilingkungankampus yang terdapatberbagaijenissukubangsa yang berasaldariberbagaidaerah – daerah yang berbeda . Karena Indonesia merupakan Negara yang bilingualismetentumemilikibanyakbahasa yang disetiapdaerahnyaterkadangmemilikibahasa-bahasadaerahnya yang menjadikhasdaerahnyasendiri .
Misalnya ,dilingkungankampus UMRAH memilikiberbagaimacamsukudarisukumelayu , jawa , batakdll , yang tentusetiapsukumemilikibahasanyaberbeda-beda. Denganadanyapercampuransukutersebut bias menimbulkanalihkodedalamberbahasa .
Berikutcontohlain,dalamkasuspenerapan :
a)      Alihkode
b)      Campurkode
c)      Interfretasi


·         KasusAlihKode
Salah satucontohseringkitatemuidilingkungankampus UMRAH yang kebanyakananak – anakberasaldariNatuna .MerekamemilikikhastersendiridenganbahasamelayuNatunanya .
Dalamkeadaan non-formal terkadangjikasesamaanakNatunaberkumpuldanberbicaramerekaseringmenggunakandialekmelayudaerahnya yang kadangsulitdimengertiolehanak-anak lain padaumumnyadanjikadatangmahasiswa yang lain,daninginikutbergabungterhadapapa yang merekabicarakan,dimanabahasa yang di pakaiolehsekumpulananakNatuna yang tidakbisa di mengertiolehMahasiswatersebut . Makaanak-anakNatunainilangsungberpindahBahasa yang bisa di mengertiolehMahasiswatersebut,misalnyaberpindahkebahasa Indonesia yang dimengertibersamamakaterjadilah ‘’AlihKode ‘’ diantaramereka .
·         kasusCampurKode
campurkodejugaseringterjadidilingkunganMahasiswakarenaalasan – alasantertentudanjuga agar terkesanintelekmisalnyabahasa Indonesia dicampurbahasainggris .Karenatidaksemuapenutur / pendengarmenguasaibahasa ,sertamenyerap kata  kata tersebutseperti kata-kata asing yang mungkinsulitdimengertikarenapengetahuantentangberbagaimacambahasakurang , intelektulisannyajugakurangsehinggaperalihankodetersebutbersifamengganggu

·         Kasuspadainterferensi
Sejauh yang kitaperhatikandilihatdarisegikemurnianbahasainteferensimerupakanpenyakit,sebabmerusakbahasa ,jadiperlu di hindarkan.Padaumumnyamasyarakat yang berpahampurismetentutidakdapatmenerimabentuk kata jadiansepertiketabrak, kemahalan.Akantetapijika di lihatdariusahapengembanganbahasainterferensimerupakansebuahrahmat.
InterferensiMenurutKamusBesarBahasa Indonesia, interferensiialahMasuknyaunsursuatubahasakedalambahasa lain ygmengakibatkanpelanggarankaidahbahasa yang dimasukinyabaikpelanggarankaidahfonologis, gramatikal, leksikalmaupunsemantis. Ada duafaktor yang menyebabkanterjadinyainterferensi yang pertamaialahfaktorkontakbahasadisinibahasa-bahasa yang digunakandalammasyarakatitusalingberhubungansehinggaperludigunakanalatpengungkapgagasan.Karenafaktortersebutmakaterdapatinterferensiperformansi.Atauinterferensisistemis. Yang keduaialahfaktorkemampuanberbahasa yang akanmengakibatkaninterferensibelajarmuncul. Jikakitamelihatdarisegiunsurbahasa yang dikuasaiterdapatinterferensiprogesifdaninterferensiregresif .Peralihansuatukodetersebutbersifat negative ataumengganggu .Peralihankodesepertiinidisebutinterferensi .Interferensidapatterjadipadatataranleksikaldandapat pula terjadipadatatarangramatikal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar